Menikmati Wisata Ala Pulau Karibia di Pulau Bunta Ecotourism


Hamparan Pasir Putih di Pulau Bunta

Pulau Bunta adalah sebuah pulau yang berada di kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Indonesia.
Menurut data statistik pulau ini hanya memiliki 2 kepala keluarga (Ketika kami datang ke pulau ini ada beberapa rumah peladang yang tidak berpenghuni, kemungkinan hanya didatangi ketika panen kelapa). Dipulau ini tidak terdapat monyet meski pulau ini memiliki banyak pohon kelapa, selain itu di pulau ini juga tidak terdapat tupai dan kodok. Perjalanan menuju pulau bunta dimulai dari Ulee Lheue dengan menggunakan kapal nelayan bermotor. Perjalan yang memakan waktu kurang lebih 1,5 jam, dengan menyewa perahu bermotor seharga Rp. 800,000,- (Pulang-Pergi).
Senja di Pulau Bunta
Pulau tersebut memiliki banyak keindahan yang dapat dinikmati seperti hamparan pantai pasir putih, pantai yang dipenuhi karang-karang kecil, tebing pantai hingga pantai dengan bebatuan besar. Perairan di pulau bunta ini sangat jernih, dari daerah tebing kita dapat melihat ikan-ikan berenang dikarenakan airnya yang jernih dan tenang. Ketika ekspedisi, di pulau ini kami menemukan beberapa rumah di dekat mercusuar, menurut cerita dulunya pulau ini sebagai pulau tempat penyembuhan penyakit kusta, tetapi setelah di sembuhkan pulau ini ditinggalkan pada tuhun 1992.
Pulau Bunta dari kejauhan
Jika ingin menikmati wisata ala pulau Karibia, menikmati pulau privat yang nyaman datanglah ke pulau Bunta. Ketika kami mengungungi Pulau ini selain penjaga mercusuar, pulau ini bisa dikatakan tidak berpenghuni.

Foto-foto diambil dari: https://tengkuputeh.com

Posting Komentar

0 Komentar